Langsung ke konten utama

Cara Jitu Menulis Promosi Penjualan di Toko Online Instagram (Step by Step)

Menjalankan toko online dengan akun Instagram saat ini adalah suatu kesempatan bahkan, bagi sebagian pengusaha beranggapan akun instagram menjadi ujung tombak untuk mempromosikan dan menjual barang. 

Tapi tidak jarang pengusaha yang memulai promosi dan berjualan di instagram harus terhenti ditengah jalan karena, promosi & jualan yang gagal/tidak maksimal. Mengapa bisa begitu? Jawabannya pada penulisan headline & caption yang tidak efektif. Lantas bagaimana menulis headline & caption yang menarik untuk dibaca sehingga meningkatkan konversi??

Setidaknya ada 5 langkah agar tulisan promosi penjualan di akun toko online instagram dan barang jualanmu memperoleh konversi lebih tinggi. Lima langkah ini sangat sederhana tinggal bagaimana kamu sebagai pemilik akun toko online IG pintar memoles kata-kata promosimu. Berikut ke-lima langkah tersebut 

1. Tulis Headline dan Caption semenarik mungkin.
80% orang hanya membaca judul caption

Mungkin dari kalian sudah tahu proses ini, untuk promosi dan menjual barang tentunya kamu harus menulis headline/judul beserta caption yang bagus. Tapi tahukah kamu, 80% orang didunia hanya melihat tulisan di headline sebelum memutuskan melanjutkan atau bahkan langsung membeli barang. Sedemikian pentingnya arti sebuah headline/judul sehingga, kamu tidak membolehkan kesalahan penulisan atau orang-orang akan men-scrool kebawah dan konvesi toko onlinemu jatuh.

Agar tulisan headline/judulmu bisa menarik atau setidaknya membuat orang tidak men-scrool kebawah, tulisanmu harus memenuhi kriteria AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Artinya tulisan headline-mu mampu menarik perhatian orang, menangkap apa yang diingikan atau hasrat calon pembeli, lalu last but not least berikan 'action' kepada pembaca (beli, download, subscribe, sign-up, dll).

Kemudian setelah menulis judul barang kamu tentu tidak boleh berhenti sampai disitu saja. Kamu melanjutkan caption yang mendeskripsi barangmu. Tuliskan manfaat atau keunggulan barang karena, orang lebih memperhatikan manfaat daripada fitur barang. Cobalah untuk mendeskripsikan manfaat dengan gaya story telling singkat. Mengapa saya anjurkan story telling karena, kebanyakan orang menyukai cerita. Lewat cerita, orang mungkin bisa menemukan ikatan emosi/perasaan terhadap barang.

Gaya penulisan lainnya yang bisa kamu terapkan adalah memberi pertanyaan kepada orang. Kamu bisa memberi pertanyaan apapun tapi harus mudah dijawab (pertanyaan dengan jawaban Ya/Tidak). Pertanyaanmu nanti mengarah pembaca bahwa barangmu memberikan manfaat atau keunggulan

Tujuan utama menulis headline & caption menarik=SALE

Ingat sekali lagi, judul dan caption yang bagus tidak menjamin penjualan. Judul dan caption yang bagus mencegah agar postingan IG-mu di-scrool kebawah oleh orang. Tapi tetap saja jika postingan IG-mu dibaca, jauh lebih baik daripada usapan atas jari telunjuk di layar smartphone.

2. Sesekali postingan bersisi kalimat inspiratif, meme, atau lawakan sederhana

Selamat kamu sekarang bisa menulis tulisan promosi dan penjualan di postingan IG-mu. Tapi setelah beberapa postingan, timeline profil IG-mu menjadi monoton. Monoton karena hanya berisi tulisan dan foto yang topiknya dan penulisannya sama. Akhirnya pelangganmu tidak terasa terhibur selama didalam profil akun milikmu.

Biarpun kamu memutuskan platform Instagram menjadi akun toko onlinemu, kamu harus tetap membuat profil IG-mu menyenangkan bagi pengunjung.

Cara terbaik adalah menyisipkan postingan foto/video berisikan kalimat inspiratif, meme atau lawakan sederhana. Orang menyukai jenis postingan tersebut dan cenderung membuat mereka mengikuti kabar dengan konten serupa. 

Tentu saja tujuanmu tetap sama, menunjukan manfaat dan keunggulan barang jualanmu dengan cara lucu. Tapi jangan sampai kamu terlalu sering mempostingan foto/video meme dan lawakan hingga lupa untuk memposting promosi/penjualan barang. Banyak toko bisnis online yang sukses memakai strategi konten market semacam ini dan efektif untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lamamu.

3. Ajaklah pelangganmu untuk berinteraksi di kolom komentar, like, share

Oke kamu telah memahami menulis promosi yang menarik orang, kemudian membuat konten yang membuat mereka betah di profil akun instagram milikmu. Sekarang ke tahap selanjutnya yaitu, melalukan interaksi.

Kembali lagi akar rumput instagram, sebuah media sosial lewat interaksi foto dan video. Instagram tidak akan "hidup" jika tidak ada comment & like. Dari hal sederhana ini saja menunjukan pentingnya interaksi dengan konsumen.
membangun interaksi pelanggan melalui comment adalah cara optimal

Untuk menarik komen ataupun like, berikan permintaan sederhana bagi mereka untuk meninggalkan komen. Nyalakan notifikasi komentar masuk, dan 'segera' balas komentar-komentar sebagai customer service. Perlakukan interaksi di kolom komentar layaknya sebuah percakapan. 

Anggaplah setiap interaksi di IG toko onlinemu adalah bentuk layanan customer service. Entah apakah orang akan jadi membeli atau tidak, layani rasa keingintahuan mereka. Karena percaya atau tidak, semakin banyak interaksi seperti like, komentar, share, algoritma instagram akan membantu menaikan rating akun toko onlinemu    

4. Berikan cerita tentang value barang kamu jual

Ada 'hukum' tak tertulis mengenai psikologis ketika membeli barang. Orang tidak membeli produk tetapi, membeli hasil atau value sebuah produk. Seringkali pemilik toko yang akunnya saya ikuti, terlalu fokus menjelaskan detail fitur produk namun, lupa bahwa sejatinya konsumen tidak terlalu mempedulikan detail produk. Konsumen lebih mementingkan hasil atau kegunaan produk. Intinya sebuah barang tidak akan dibeli jika, tidak menjawab keinginan/harapan konsumen. 

orang memilih barang karena ingin membeli "manfaat"

Bagaimana seorang menilai value pada barang? Simpel, dengan cara membandingkan manfaat yang diterima atau keunggulan yang dijual dibandingkan dengan harga beli. Value dianggap tinggi jika, manfaat lebih bernilai dibanding harga jual. Sebaliknya bila harga barang dijual lebih mahal dibanding manfaat, value barang dianggap kurang dan membuat orang tidak berniat membeli.

Beberapa cara agar value barang jualanmu menarik adalah memberi potongan harga atau diskon untuk masa-masa tertentu. Cara ini cukup efektif apalagi ketika kamu juga berhasil menyakinkan pembeli ada masa promosi yang tidak dilewatkan.

Memberi jaminan ke pembeli juga membantu untuk meningkatkan value produkmu tapi, berikan jaminan sesuai kemampuan. Jangan sampai kamu memberikan jaminan yang terlalu muluk-muluk namun, ketika pelanggan mengklaim jaminan mereka kamu tidak bisa menepati janjimu. Jelas itu akan merusak citra dan nama baik bisnismu.  

Well, bila toko online milikmu menjual produk yang mempunyai nama branding, pertimbangkan kekuatan brand. Umumnya branding yang kuat mampu meningkatkan value barang walaupun, memiliki harga jual lebih mahal dibanding produk serupa. Brand-brand kuat seperti Apple, Samsung,  Adidas, Rolex, Gucci, dan lain-lain mampu dijual barang di harga batas atas karena persona branding kuat di mata pembeli.

5. Maksimalkan fitur-fitur instagram agar akun IG terasa menyenangkan untuk dijelahjahi

Yah tidak perlu panjang lebar, Instagram memberikan banyak sekali fitur-fitur yang kamu bisa manfaatkan. Terutama fitur stories, yang bisa digunakan untuk FAQ (Frequent ask question), Polling, Fun Quiz, Screenshot testimoni dan hal macam lainnya. Apapun konsep promosinya, 4 tips diatas bisa diterapkan pula di instagram story. Manfaatkan pula fitur hightlight story, seperti membuat katalog produk, kumpulan testimoni pelanggan, event live toko, cara order

manfaatkan fitur story 

Cukup mudah bukan, menuliskan feed promosi di instagram? Tapi kamu harus ingat, segalanya butuh waktu dan dedikasi untuk berhasil.  

Bila ada pertanyaan atau sharing cerita mengenai topik diatas, silahkan beri komentar

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Keluarga Mahasiswa Katolik St Algonz Universitas Airlangga (bagian 1)

Keluarga Mahasiswa Katolik atau KMK St Algonz bisa dibilang merupakan rumah kedua bagi pribadiku. Banyak kenangan yang sulit dilupakan, baik itu suka dan duka. Namun sesuatu yang terpenting dari semuanya, mereka selalu ada untukmu, itulah makna sebenarnya keluarga. Bagaimana aku berkenalan dengan KMK? Layaknya mahasiswa baru yang diperkenalkan universitas, aku tidak mengira bahwa perkenalan dengan KMK dimulai ketika selesai registrasi. Awalnya aku tidak begitu tertarik tentang pembicaraan KMK. Apa dipikirkan saat itu, UA (Universitas Airlangga) pasti mempunyai wadah untuk kebutuhan mahasiswa katolik dan ingin segera kembali ke rumah. Sebelum kembali pulang, kakak KMK saat itu memberikan sebuah selembar tulisan yang tidak kubaca selama perjalanan pulang dan baru dibaca ketika sampai dirumah. Apa yang tertulis diselembar kertas tersebut cukup mengejutkan karena, menceritakan perjuangan mahasiswa gerakan reformasi, Bimo Petrus . Bacaan tersebut sungguh menggugah hati sebab, ia ada...

Undang-Undang Karet yang Bernama Penistaan Agama

Tulisan ini bukanlah hanya berisi opini pribadi namun, adalah kajian dari tulisan dan esai jurnalistik yang bisa dipertanggung jawabkan kebenaran sumbernya Maraknya berita-berita soal isu agama yang dibawa ke ruang politik dan publik yang sering terjadi belakangan ini, membuat Indonesia gempar. Puncaknya adalah kasus penodaan agama yang dituduhkan pada Basuki Thayaja Purnama alias Ahok tertanggal 27 September 2016 pada saat berpidato di pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Swiss Guard (bagian 2)

Sebelumnya di bagian 1. Saya menceritakan latar terbentuknya Garda Swiss Sri Paus. Kini mari bicarakan keadaan Garda Swiss terkini. Setelah Garda Swiss ditetapkan menjadi pasukan penjaga pribadi Sri Paus Julius II. Garda Swiss Kepausan ditarik dari medan perang dan fokus menjaga keselamatan Sri Paus. Uniknya Paus Julis II juga hanya meminta 200 pasukan. Namun, pada saat reformasi gereja oleh Martin Luther, posisi swiss guard semakin dikukuhkan sebagai penjaga kesucian gereja. Kini Garda Swiss hanya beroperasi di sekitar area lapangan St. Petrus, St. Basillika dan Sistine Chapel bukan, seluruh wilayah Vatikan. Satu-satunya perang yang dialami Garda Swiss adalah peristiwa pengempungan Roma oleh Kekaisaran Romawi Suci tanggal 6 Mei 1527. Meskipun Garda Swiss kalah telak karena kalah jumlah pasukan, mereka masih bisa menyelamatkan nyawa Paus Clement VII dan sejak peristiwa itu Garda Swiss mulai merekrut pasukan baru dan diambil sumpahnya pada tanggal 6 Mei. Untuk menjadi salah ...