Tapi tidak jarang pengusaha yang memulai promosi dan berjualan
di instagram harus terhenti ditengah jalan karena, promosi & jualan yang
gagal/tidak maksimal. Mengapa bisa begitu? Jawabannya pada penulisan headline
& caption yang tidak efektif. Lantas bagaimana menulis headline &
caption yang menarik untuk dibaca sehingga meningkatkan konversi??
Setidaknya ada 5 langkah agar tulisan promosi penjualan di
akun toko online instagram dan barang jualanmu memperoleh konversi lebih
tinggi. Lima langkah ini sangat sederhana tinggal bagaimana kamu sebagai
pemilik akun toko online IG pintar memoles kata-kata promosimu. Berikut ke-lima
langkah tersebut
1. Tulis Headline dan Caption semenarik mungkin.
80% orang hanya membaca judul caption
Mungkin dari kalian sudah tahu proses ini, untuk promosi dan
menjual barang tentunya kamu harus menulis headline/judul beserta caption yang
bagus. Tapi tahukah kamu, 80% orang didunia hanya melihat tulisan di headline
sebelum memutuskan melanjutkan atau bahkan langsung membeli barang. Sedemikian
pentingnya arti sebuah headline/judul sehingga, kamu tidak membolehkan kesalahan
penulisan atau orang-orang akan men-scrool kebawah dan konvesi toko
onlinemu jatuh.

Mungkin dari kalian sudah tahu proses ini, untuk promosi dan menjual barang tentunya kamu harus menulis headline/judul beserta caption yang bagus. Tapi tahukah kamu, 80% orang didunia hanya melihat tulisan di headline sebelum memutuskan melanjutkan atau bahkan langsung membeli barang. Sedemikian pentingnya arti sebuah headline/judul sehingga, kamu tidak membolehkan kesalahan penulisan atau orang-orang akan men-scrool kebawah dan konvesi toko onlinemu jatuh.
Agar tulisan headline/judulmu bisa menarik atau setidaknya
membuat orang tidak men-scrool kebawah, tulisanmu harus memenuhi
kriteria AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Artinya tulisan
headline-mu mampu menarik perhatian orang, menangkap apa yang diingikan atau
hasrat calon pembeli, lalu last but not least berikan 'action'
kepada pembaca (beli, download, subscribe, sign-up, dll).
Kemudian setelah menulis judul barang kamu tentu tidak boleh
berhenti sampai disitu saja. Kamu melanjutkan caption yang mendeskripsi
barangmu. Tuliskan manfaat atau keunggulan barang karena, orang lebih
memperhatikan manfaat daripada fitur barang. Cobalah untuk mendeskripsikan
manfaat dengan gaya story telling singkat. Mengapa saya
anjurkan story telling karena, kebanyakan orang menyukai
cerita. Lewat cerita, orang mungkin bisa menemukan ikatan emosi/perasaan
terhadap barang.
Gaya penulisan lainnya yang bisa kamu terapkan adalah memberi pertanyaan kepada orang. Kamu bisa memberi pertanyaan apapun tapi harus mudah dijawab (pertanyaan dengan jawaban Ya/Tidak). Pertanyaanmu nanti mengarah pembaca bahwa barangmu memberikan manfaat atau keunggulan
![]() |
Tujuan utama menulis headline & caption menarik=SALE |
Ingat sekali lagi, judul dan caption yang bagus tidak
menjamin penjualan. Judul dan caption yang bagus mencegah agar postingan IG-mu
di-scrool kebawah oleh orang. Tapi tetap saja jika postingan IG-mu
dibaca, jauh lebih baik daripada usapan atas jari telunjuk di layar smartphone.
2. Sesekali postingan bersisi kalimat inspiratif, meme, atau lawakan sederhana
Selamat kamu sekarang bisa menulis tulisan promosi dan
penjualan di postingan IG-mu. Tapi setelah beberapa postingan, timeline profil
IG-mu menjadi monoton. Monoton karena hanya berisi tulisan dan foto yang
topiknya dan penulisannya sama. Akhirnya pelangganmu tidak terasa terhibur
selama didalam profil akun milikmu.
Biarpun kamu memutuskan platform Instagram menjadi akun toko
onlinemu, kamu harus tetap membuat profil IG-mu menyenangkan bagi pengunjung.

Cara terbaik adalah menyisipkan postingan foto/video
berisikan kalimat inspiratif, meme atau lawakan sederhana. Orang menyukai jenis
postingan tersebut dan cenderung membuat mereka mengikuti kabar dengan konten
serupa.
Tentu saja tujuanmu tetap sama, menunjukan manfaat dan
keunggulan barang jualanmu dengan cara lucu. Tapi jangan sampai kamu terlalu
sering mempostingan foto/video meme dan lawakan hingga lupa untuk memposting
promosi/penjualan barang. Banyak toko bisnis online yang sukses memakai
strategi konten market semacam ini dan efektif untuk menjaring pelanggan baru
dan mempertahankan pelanggan lamamu.
3. Ajaklah pelangganmu untuk berinteraksi di kolom komentar, like, share
Oke kamu telah memahami menulis promosi yang menarik orang, kemudian membuat konten yang membuat mereka betah di profil akun instagram milikmu. Sekarang ke tahap selanjutnya yaitu, melalukan interaksi.
Kembali lagi akar rumput instagram, sebuah media sosial lewat interaksi foto dan video. Instagram tidak akan "hidup" jika tidak ada comment & like. Dari hal sederhana ini saja menunjukan pentingnya interaksi dengan konsumen.![]() |
membangun interaksi pelanggan melalui comment adalah cara optimal |
Untuk menarik komen ataupun like, berikan
permintaan sederhana bagi mereka untuk meninggalkan komen. Nyalakan notifikasi
komentar masuk, dan 'segera' balas komentar-komentar sebagai customer service.
Perlakukan interaksi di kolom komentar layaknya sebuah percakapan.
Anggaplah setiap interaksi di IG toko onlinemu adalah bentuk
layanan customer service. Entah
apakah orang akan jadi membeli atau tidak, layani rasa keingintahuan mereka.
Karena percaya atau tidak, semakin banyak interaksi seperti like, komentar, share, algoritma
instagram akan membantu menaikan rating akun toko onlinemu
4. Berikan cerita tentang value barang kamu jual
Ada 'hukum' tak tertulis mengenai psikologis ketika membeli
barang. Orang tidak membeli produk tetapi, membeli hasil atau value sebuah produk.
Seringkali pemilik toko yang akunnya saya ikuti, terlalu fokus menjelaskan detail fitur produk namun,
lupa bahwa sejatinya konsumen tidak terlalu mempedulikan detail produk. Konsumen lebih
mementingkan hasil atau kegunaan produk. Intinya sebuah barang tidak akan dibeli jika, tidak menjawab keinginan/harapan konsumen.
![]() |
orang memilih barang karena ingin membeli "manfaat" |
Bagaimana seorang menilai value pada
barang? Simpel, dengan cara membandingkan manfaat yang diterima atau keunggulan
yang dijual dibandingkan dengan harga beli. Value dianggap tinggi jika, manfaat
lebih bernilai dibanding harga jual. Sebaliknya bila harga barang dijual lebih
mahal dibanding manfaat, value barang
dianggap kurang dan membuat orang tidak berniat membeli.
Beberapa cara agar value barang jualanmu menarik adalah
memberi potongan harga atau diskon untuk masa-masa tertentu. Cara ini cukup
efektif apalagi ketika kamu juga berhasil menyakinkan pembeli ada masa promosi
yang tidak dilewatkan.
Memberi jaminan ke pembeli juga membantu untuk meningkatkan
value produkmu tapi, berikan jaminan sesuai kemampuan. Jangan sampai kamu
memberikan jaminan yang terlalu muluk-muluk namun, ketika pelanggan mengklaim
jaminan mereka kamu tidak bisa menepati janjimu. Jelas itu akan merusak citra dan nama baik bisnismu.
Well, bila toko online milikmu menjual produk yang mempunyai
nama branding, pertimbangkan kekuatan
brand. Umumnya branding yang kuat
mampu meningkatkan value barang walaupun, memiliki harga jual lebih mahal
dibanding produk serupa. Brand-brand kuat seperti Apple, Samsung, Adidas, Rolex, Gucci, dan lain-lain mampu dijual
barang di harga batas atas karena persona branding
kuat di mata pembeli.
5. Maksimalkan fitur-fitur instagram agar akun IG terasa menyenangkan untuk dijelahjahi
Yah tidak perlu panjang lebar, Instagram memberikan banyak
sekali fitur-fitur yang kamu bisa manfaatkan. Terutama fitur stories, yang bisa
digunakan untuk FAQ (Frequent ask question), Polling, Fun Quiz, Screenshot
testimoni dan hal macam lainnya. Apapun konsep promosinya, 4 tips diatas bisa
diterapkan pula di instagram story. Manfaatkan pula fitur hightlight story,
seperti membuat katalog produk, kumpulan testimoni pelanggan, event live toko, cara order
![]() |
manfaatkan fitur story |
Cukup mudah bukan, menuliskan feed promosi di instagram?
Tapi kamu harus ingat, segalanya butuh waktu dan dedikasi untuk berhasil.
Bila ada pertanyaan atau sharing cerita mengenai topik diatas, silahkan beri komentar
Komentar
Posting Komentar